Jangan Pernah Membubarkan DPR RI

Jangan pernah Presiden membuat kebijakan membubarkan DPR RI meski putusannya bau busuk, mendegradasi keumuman dari suatu kepentingan umum menjadi sekadar mayoritas. Keumuman disamakan dengan kemayoritasan. Musyawarah mufakat diturunkan derajatnya menjadi kuasa menang-menangan! Karena pembubaran DPR oleh Presiden adalah menciderai prinsip dari demokrasi itu sendiri.

Masih ada jalan memutar tanpa perlu menciderai demokrasi dan hukum. Tidak menggeser demokrasi menjadi machstaat semata. Beberapa alternatif yang teridentifikasi saat ini:

1>Presiden bisa mengajukan pembubaran partai politik ke MK, jika partainya telah dibubarkan maka otomatis keanggotaan di DPR dihapuskan.

2>Rakyat mengajukan JR UU MK ttg hak mengajukan pembubaran partai politik agar tidak hanya Pemerintah yang bisa,  jika dikabulkan maka semua orang bisa mengajukan pembubaran parpol,

3>Presiden menerbitkan PERPPU ttg pembubaran partai politik, parpolnya yang dibubarkan dan bukan DPR langsung. Bisa diatur suatu pemilu ulang (pakai sistem tanpa partai dunk), jadi PERPPU diajukan utk disetujui DPR oleh DPR yang baru lagi bukan DPR yang isinya kamfret2 itu… Harus dalam suatu gerakan kilat!

4>KPK dan Kejaksaan (plus Kepolisian) bisa membantu secara eceran atau grosiran dengan menangkap mereka atas tuduhan2 korupsi atau yang jelas2 kemarin adalah PENYALAHGUNAAN LAMBANG NEGARA.

5>ALTERNATIF LAINNYA…

Cekidot…!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s