Tentang Pilpres 2014 Satu Putaran

Demokrasi Tanpa Partai menyetujui kritik Prof. Dr. Yusril Ihza Mahendra perihal putusan Mahkamah Konstitusi mengenai pemilihan umum Presiden dan Wakil Presiden jika hanya diikuti oleh dua pasangan calon maka cukup hanya menggunakan syarat kemenangan sederhana dan menganulir syarat persebaran kemenangan.

Selain putusan itu berarti MK telah melampaui kewenangannya dengan membentuk suatu norma baru malahan putusan itu juga berarti menganulir norma yang diatur dalam konstitusi. Bagaimana bisa MK mengatasi dan mengabaikan kewenangan MPR dalam menetapkan norma konstitusi…?

Norma dua syarat kemenangan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden bukankah menunjukkan bahwa MPR RI masih belum cermat dalam merumuskan norma konstitusi? Kualitas mereka sangat layak dipertanyakan? Bagaimana bisa jabatan perumus norma konstitusi dipegang oleh mereka yang tidak cermat? Grusa grusu dan tidak memikirkan tentang pengaturan bagaimana jika hanya ada dua kandidat? Juga bagaimana jika hanya muncul satu kandidat saja? Kurang cermat dalam menginventarisasi kemungkinan-kemungkinan yang mungkin terjadi di masa mendatang.

Selain itu dalil kekosongan hukum dan kekhawatiran pemilihan kedua kalinya jika tidak ada dari dua kandidat yang memenuhi syarat persebaran adalah sesuatu yang mengada-ada. Karena jelas norma dalam UUD 1945 Pasal 6A ayat 4 menyatakan “… dan pasangan yang memperoleh SUARA RAKYAT TERBANYAK dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden.” Nah, jika memang harus diadakan pemilihan kedua maka syarat persebaran telah dihapuskan oleh ayat ini. Jadi dimana ada kekosongan hukum?

Kemudian apa yang bisa dilakukan? Ya tidak ada. Namanya juga Judicial Dictactorship, karena keputusan MK dinyatakan final dan mengikat. Kalau ada salah putusan bahkan melanggar UUD 1945 ini apa yang bisa dilakukan? Hanya MPR RI yang mungkin memiliki kewenangan secara hukum untuk melakukan langkah terobosan mengatasi permasalahan ini. Bagaimana caranya? MPR RI lah yang harus memikirkan solusinya. Kalau tidak bisa mikir ya sini kontrak saya untuk memikirkan solusinya.😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s