Pasal Pembubaran Partai…!

Partai semakin menjadi-jadi dalam memperjuangkan kepentingan partai dan elite-nya serta pihak2 yang berkepentingan di dalamnya adalah tidak perlu diurai panjang lebar dan tinggi. Tetapi yang menariknya, banyak yang menulis himbauan dan juga tentang kontrol terhadap partai. Banyak idealita mengalir tetapi melupakan suatu essensi bahwa bentuk kontrol tertinggi dalam suatu “negara hukum” adalah jalur hukum dimana pihak yang berkepentingan dapat melakukan gugatan permohonan pembubaran suatu partai melalui jalur hukum.

Nah, ternyata jalur ini tertutup karena yang berhak mengajukannya hanya pemerintah alias Presiden RI sebagaimana tersebut dalam UU No. 24 Tahun 2003 Bagian Kesepuluh tentang Pembubaran Partai Politik, Pasal 68 (1) “Pemohon adalah Pemerintah”. Padahal jelas pemerintah alias Presiden RI “dimajukan oleh Partai Politik atau Gabungan Partai Politik”. Bagaimana bisa mengharapkan Presiden RI mengajukan pembubaran partai yang memajukan dirinya ketika mencalonkan diri? Lagipula apakah hanya pemerintah yang memiliki kepentingan terhadap partai politik? Pasal ini menggunakan norma yang berbeda dengan pasal lain seperti tentang Uji Konstitusionalitas suatu produk undang-undang.

Ini yang tidak bisa dibiarkan! Fungsi kontrol secara hukum oleh masyarakat luas dinihilkan! Oleh karena itu sungguh penting jika kita melakukan perlawanan secara hukum yaitu Uji Konstitusionalitas Pasal 68 (1). Hak Menggugat Pembubaran Partai harusnya juga menjadi hak partai lainnya, organisasi masyarakat, kelompok masyarakat bahkan perorangan yang mungkin dirugikan oleh partai tertentu.

Oleh karena itu, mari kita bersama-sama mengajukan permohonan uji konstitusionalitas pasal tersebut. Bersama kita bisa! Mungkin perlu anggaran sebesar Rp 10 juta untuk melakukannya. Kalau ada 20 orang yang mendukung (baik mencantumkan diri sebagai pemohon maupun mendukung finansial saja) maka masing-masing hanya perlu berkorban Rp 500.000,- sudah cukup untuk memperjuangkannya. Ini salah satu pintu masuk melawan hegemoni partai yang kian memprihatinkan.

Jika berminat turut serta memperjuangkan gagasan ini hubungi Teguh (08179923479). Atau di http://www.facebook.com/tenguhonly. Silakan share jika anda menyetujui gagasan ini meski mungkin hanya sebatas dukungan moral saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s