Mengorbankan Popularitas Sesaat

Popularitas [jangka pendek] adalah hal yang harus dikorbankan seorang pemimpin perubahan karena sangat sedikit rakyat yang bisa melihat masa depan gemilang hasil dari pengorbanan dan perjuangan yang mungkin harus dijalani oleh beberapa generasi. Hanya dengan puasa seekor ulat menjadi kupu-kupu. [alangkah cupunya negeriku dipimpin oleh ulat bulu!]

Sebagaimana tersebut dalam I-Ching (catatan raja2 Cina) Kaisar Shih menulis : Kurengut anak dari ibunya, suami dari isterinya, kukirimkan mereka ketempat2 yang jauh untuk bekerja mewujudkan impianku. Kudera mereka yang membangkang perintahku. Dari sinar mata mereka, aku tahu dibalik mulut2 yang terkunci oleh ketakutan dan amarah, mereka mengutuk aku sebagai raja yang kejam dan tak punya nurani, karena tak seorangpun dari mereka yang paham akan tujuanku. Demikian pula pewarisku dikutuk dalam diam dan dendam, tapi tidak bagi keturunanku yang ketujuh, ia akan dipuja sebagai dewa.

(Impian sang kaisar terwujud pada keturunannya yg ke-5, tembok pertahanan, jaringan jalan dan irigasi telah selesai dibangun. Cina menjadi makmur dan kuat).

http://kolom-biografi.blogspot.com/2009/02/biografi-shih-huang-ti.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s